Cara Cermat Membeli Mobil Mewah Bekas Part 1


Banyak orang menaruh impian untuk membeli sebuah kendaraan beroda empat mewah dalam keadaan baru, apalagi keluaran paling gres dari pabrik sekelas Toyota atau Honda seumpama. Sayangnya kenyataan justru tidak seindah mimpi, pasalnya uang yang tersedia justru tidak mencukupi. Imbas minimnya dana, beberapa orang hasilnya justru lebih memilih kendaraan beroda empat mewah second alias bekas. Wajib diakui bahwa kinerja dan tampilan bodi tidak semulus kendaraan beroda empat baru keluaran dealer legal. Walaupun demikian, kendaraan beroda empat dengan merek-merek tertentu tetap menjadi ketertarikan masyarakat tanpa peduli keadaan 'status' kendaraan beroda empat, baru atau bekas.


Perlu dicatat, beli kendaraan beroda empat mewah bekas tidak semudah beli baru, apalagi ada beberapa poin yang patut dicermati dan dilihat supaya terhindar dari kerugian. Apalagi bila Anda belum pernah terlibat transaksi jual beli kendaraan bekas.

1. Kenali Keperluan Sebelum Memutuskan Membeli Empat

Sebaiknya kenali keperluan utama terutama dulu sebelum Anda memutuskan untuk membeli kendaraan beroda empat bekas. Ada banyak jenis kendaraan beroda empat mewah bekas tersedia di pasaran, pilih cocok keperluan. Tapi pertimbangkan juga mengenai unsur harga, karena beberapa merek mewah memiliki kelas harga yang berbeda-beda. Jangan sampai Anda membeli tanpa paham harga pasar yang berlaku saat itu. Figur, jenis kendaraan beroda empat sport kurang cocok untuk membawa pergi seluruh anggota keluarga jalan-jalan di akhir minggu, apalagi tamasya pergi ke luar kota. Oleh karena itu, lebih dianjurkan pilih jenis kendaraan beroda empat MPV seperti Toyota Vellfire atau malahan sejenisnya dengan selisih harga lebih murah. Kesan yang berkeinginan Anda tampilkan pada sesi ini ialah nyaman dan elegan, bukan sporty dan macho. Jadi sesuaikan dengan keperluan, bukan sekedar prestise.

2. Perbanyak Acuan untuk Mendapat Alternatif Empat Paling Sesuai

Jangan nekat beli kendaraan beroda empat tanpa bekal pengetahuan mendalam soal mesin. Ingat, kendaraan beroda empat mewah second tidak seperti kendaraan beroda empat pada biasanya. Coba cari lebih banyak rujukan bila pengetahuan Anda masih dangkal, entah lewat komunitas online, teman, saudara, rekan kerja atau daerah servis kendaraan beroda empat. Semakin banyak rujukan, semakin gampang bagi Anda dalam mengambil keputusan dan terhindar dari ancaman pembohongan. Ingat, ada oknum penjual bandel kerap kali mengambil keuntungan atas ketidaktahuan pembeli.

3. Percobaan Wajib Sebelum Membeli Dijalankan Dikala

Harga kendaraan beroda empat mewah bekas memang mahal, melainkan bukan berarti tidak boleh menguji kepantasan jalan alias test drive. Pada peluang itu calon pembeli dapat mengenal kinerja kendaraan, termasuk angka kilometer yang tertera dalam odometer. Coba bawa kendaraan beroda empat jalan-jalan bentar, percobaan kecakapan saat berada di jalanan lurus, berbelok, jalanan rata sampai bergelombang. Walaupun membawanya jalan, dengar baik-baik suara mesin dan cek tiap-tiap mekanisme elektronik. Walaupun beli bekas, pastikan masih dalam keadaan baik.

Jangan lupa untuk cek keadaan bodi kendaraan beroda empat, apakah catnya masih asli atau tidak. Orang umum biasanya tidak paham soal ini, sebaiknya Anda minta pertimbangan kawan atau bengkel body repair untuk memberi pertimbangan apakah catnya telah pernah ganti atau belum. Ini penting, mengingat cat yang pernah ganti berarti ada kemungkinan body kendaraan beroda empat pernah terjadi benturan akibat kecelakaan yang dapat berakibat pada keadaan kendaraan beroda empat secara umum.

4. Penerapan Sejarah Empat Empat

Calon pembeli patut menanyakan sejarah kendaraan beroda empat dari si penjual, apakah pernah tabrakan, turun mesin atau malahan terendam air banjir. Tanyakan seluruh sesuatu yang berkaitan dengan kinerja dan tampilan fisik kendaraan beroda empat. Peralatan itu sejarah kendaraan beroda empat pernah masuk bengkel servis perlu dipertanyakan secara terperinci, apakah sekedar ganti oli atau rusak akibat jarang memanaskan mesin. Intinya, cari kendaraan beroda empat mewah second yang rutin dirawat oleh sang mantan pemilik.

Membeli kendaraan beroda empat mewah bekas memang membutuhkan perhitungan matang, terutama dari segi dana. Pastikan kendaraan beroda empat idaman masih cocok pakai dan minim tarif koreksi sehingga mengurangi besaran pengeluaran tambahan. Usahakan tidak membeli kendaraan beroda empat bermerek dengan sejarah kerusakan parah walaupun dijual murah, nantinya butuh tarif koreksi yang sangat menguras kantong. Peralatan itu, perhatikan pula selisih harga antara beli second dan baru melainkan kredit.  kecakapan finansial menyokong, opsi kedua dapat menjadi opsi ideal. Pertimbangkan dengan baik sebelum membeli

No comments:

Post a Comment

Tempat Wisata Wonosobo, Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Wonosobo ialah salah satu wilayah kabupaten yang letaknya berada di Propinsi Jawa Tengah, kabupaten yang ibukotanya ada di Kota Wonosobo...