Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja


Tiap tempat memiliki hidangan dengan ciri khasnya masing – masing. Seperti umpamanya tempat Padang memiliki hidangan dengan ciri khas yang cenderung asin dan pedas. Lain halnya dengan di Jogja, kulinernya memiliki cita rasa yang cenderung manis. Anda sebagai pecinta masakan seharusnya untuk mencicipi pelbagai tempat wisata masakan di Jogja.


Ada banyak sekali tempat untuk merasakan wisata masakan di Jogja, mulai dari harga yang murah sampai yang harganya mahal, mulai dari makanan ringan, makanan, sampai minuman, semuanya seharusnya untuk dicicipi bagi Anda pecinta masakan. Anda dapat mencicipi gudeg, sate klathak, kopi jos dan lain – lain. Berikut akan kami bahas beberapa saran tempat wisata masakan yang ada di Jogja.

1. Gudeg Pawon

Cocok dengan namanya, gudeg pawon dimasak dengan cara yang masih tradisional merupakan dengan kayu bakar dan di atas pawon atatu tungku. Gudeg pawon ini berlokasi di dalam gang yang cukup kecil Jogja, sehingga bagi Anda yang membawa mobil, Anda seharusnya memarkir kendaraan Anda di ujung gang. Gudeg ini telah melayani pembelinya sejak tahun 1958. Bagi Anda yang berkeinginan menikmatinya, sebaiknya Anda datang jangan terlalu malam sebab dalam sebentar saja gudeg ini biasanya telah habis. Gudeg Pawon buka mulai pukul 22.30 malam.

2. Sate Klathak Pak Pong

Sate klathak berlokasi di Jalan Imogiri, Bantul - Jogja. Sate ini memiliki keunikan dibanding dengan sate lainnya, sate ini memakai besi jeruji sepeda sebagai tusuk satenya. Berdasarkan Pak Pong, penjualnya pemakaian besi jeruji sepeda sebagai tusuk sate bertujuan supaya daging yang dimasak memiliki kematangan yang merata sebab besi merupakan bahan penghantar panas yang bagus. Kecuali itu, sate ini memiliki bumbu yang terbilang simpel merupakan garam, merica dan kecap, sehingga legalitas rasa dari daging sate tersebut masih tetap terjaga.

3. Kopi Jos

Kopi Jos berlokasi di Pasar Beringharjo di sekitar wilayah Malioboro - Jogja. Kopi ini memiliki ciri khas yang amat unik dibandingkan kopi – kopi yang ada. Keunikan ini dapat diamati pada saat pembuatan kopi di mana setelah kopi selesai diseduh, pembuat kopi akan memasukkan arang yang masih amat panas ke dalam kopi sebelum kopi tersebut dihidangkan terhadap pembeli. Asal nama jos merupakan suara yang dibuat saat arang yang masih amat panas dicelupkan ke dalam kopi sehingga menjadikan suara joss dan dinamakan kopi jos.

4. Angkringan Lik Man

Baru-baru ini kita acap kali banyak memandang angkringan yang mulai berjualan pada malam hari di pinggiran jalan kota – kota besar. Seperti pula halnya dengan di Jogja, melainkan ada satu angkringan yang menarik di kota ini merupakan angkringan Lik Man. Angkringan Lik Man merupakan angkringan yang pertama kali ada di Jogja. Angkringan ini mulai melayani pembelinya sejak tahun 1969. Menu yang familiar di angkringan ini merupakan nasi kucing, sate usus, dan pelbagai – tipe gorengan. Anda dapat merasakan makanan –makan tersebut dengan harga yang amat murah.

Demikianlah beberapa destinasi wisata masakan di Jogja. Bagi Anda pecinta masakan sejati tentulah Anda tak akan melewatkan peluang untuk berkunjung dan merasakan wisata masakan di atas. Selamat bertamasya dan selamat merasakan hidangan khas Jogja.

No comments:

Post a Comment

Tempat Wisata Wonosobo, Wisata Yang Wajib Dikunjungi

Wonosobo ialah salah satu wilayah kabupaten yang letaknya berada di Propinsi Jawa Tengah, kabupaten yang ibukotanya ada di Kota Wonosobo...